Monday, December 23, 2013

Canvas merupakan sebuah fitur yang terdapat pada android di eclipse. Fitur ini sangat membantu pengguna untuk membuat maupun mengolah sebagaimana mestinya. fungsi canvas, dapat dilihat pada orang yang gemar melukis, sebelum melukis pelukis akan menyiapkan canvas, kuas, cat dsb.Fungsi canvas adalah tempat dimana pelukis akan menggambar. Jadi dapat disimpulkan bahwa canvas dalam android adalah tempat game atau objek akan diletakkan. Berikut ini merupakan perintah yang biasa digunakan pada drawing android di eclipse :
1. onKeyDown (int, KeyEvent)
2. onKeyUp (int, KeyEvent)
3. onTrackballEvent(int, KeyEvent)
4. onTouchEvent(int, KeyEvent)

Membuat Canvas pada Android bagian 1

Langsung saja berikut merupakan langkah-langkah pembuatan aplikasi sederhana dengan canvas pada android.
1. Buka eclipse.
2. Pada eclips klik menu file - New - pilih Android Application Project
3. Kemudian pada jendela New Android Project isikan application name, project name, dan
package namenya, contohnya seperti berikut :
Application name : canvasbungsu
Project name : canvasbungsu
Package name : com.example.canvas
4. Setelah di next hingga memilih symbol untuk aplikasi yang kita buat klik finish. Maka akan
muncul lembar kerja baru dengan project mama yang sudah kita buat sebelumnya.
5. Buka MainActivity.java
6. Isikan kode program seperti di bawah ini pada MainActivity.java

package com.example.canvasbungsu;

import android.os.Bundle;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Color;
import android.graphics.Paint;
import android.util.AttributeSet;
import android.view.Menu;
import android.view.View;

public class MainActivity extends Activity {

@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas1(this));

}

static public class canvas1 extends View{
public canvas1(Context context) {

// TODO Auto-generated constructor stub
super(context);
}

protected void onDraw (Canvas canvas) {
Paint paint = new Paint();
Paint paint2 = new Paint();
Paint paint3 = new Paint();
paint3.setTextSize(30);
paint.setColor(Color.BLUE);
paint2.setColor(Color.GREEN);
paint2.setAlpha(50);
paint3.setColor(Color.RED);
canvas.drawCircle(100, 100, 50, paint);
canvas.drawRect(200, 50, 0, 0, paint2);
canvas.drawText("Hello World", 50, 200, paint3);
}
}

@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;
}
}

7. Kemudian buat emulatornya dengan cara klik menu window pilih Android Virtual Device Manager.
8. Setelah itu running

Output Canvas Bagian 1


Untuk lebih jelas liat gambar berikut :
klik File - New - Android Application Project


Isikan jendela new android application sesuai keinginan anda - klik next


Pilih gambar icon sesuai keinginan anda - Klik next


Klik finish


Isikan coding pada MainActivity.java


Setelah itu klik menu window pilih Android Virtual Device Manager, buat emulator, berikut gambarnya


Setelah itu klik yang tadi dibuat kemudian klik Start


Klik aplikasi yang telah anda buat


Berikut outputnya



Membuat Canvas pada Android bagian 2

Langsung saja berikut merupakan langkah-langkah pembuatan aplikasisederhana dengan canvas pada android.
1. Buka eclipse.
2. Pada eclips klik menu file - New - pilih Android Application Project
3. Kemudian pada jendela New Android Project isikan application name, project name, dan
package namenya, contohnya seperti berikut :
Application name : canvas2
Project name : canvas2
Package name : bungsu.example.canvas2
4. Setelah di next hingga memilih symbol untuk aplikasi yang kita buat klik finish. Maka akan
muncul lembar kerja baru dengan project nama yang sudah kita buat sebelumnya.
5. Buka MainActivity.java
6. Isikan kode program seperti di bawah ini pada MainActivity.java


package bungsu.example.canvas2;

import android.os.Bundle;
import android.annotation.SuppressLint;
import android.app.Activity;
import android.content.Context;
import android.graphics.Bitmap;
import android.graphics.BitmapFactory;
import android.graphics.Canvas;
import android.graphics.Color;
import android.graphics.Paint;
import android.util.AttributeSet;
import android.view.Menu;
import android.view.View;

public class MainActivity extends Activity {

@Override
protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
super.onCreate(savedInstanceState);
setContentView(new canvas3 (this));
}

private void setContextView(canvas3 canvas3) {

}
static public class canvas3 extends View {
Bitmap myImage;

public canvas3(Context context) {
// TODO Auto-generated constructor stub
super (context);
myImage = BitmapFactory.decodeResource
(context.getResources(),R.drawable.baby);
}

@SuppressLint ("DrawAllocation")
protected void onDraw (Canvas canvas) {
Paint paint = new Paint();
canvas.drawBitmap(myImage, 35, 10, paint);
}

}

@Override
public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
// Inflate the menu; this adds items to the action bar if it is present.
getMenuInflater().inflate(R.menu.main, menu);
return true;

}
}

7. Kemudian buat emulatornya dengan cara klik menu window pilih Android Virtual Device Manager.
8. Setelah itu running



Berikut Outputnya

1 komentar: